Minggu, 25 Agustus 2013

Hadits Tentang Wanita Muslimah


1. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Aku tidak melihat orang-orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bias menghilangkan akal laki laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita)." (HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)

2. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Janganlah kalian menikahi wanita karena kecantikannya, bisa jadi kecantikannya itu merusak mereka. Janganlah menikahi mereka karena harta-harta mereka, bisa jadi harta-harta mereka itu membuat mereka sesat. Akan tetapi nikahilah mereka berdasarkan agamanya. Seorang budak wanita berkulit hitam yang telinganya sobek tetapi memiliki agama adalah lebih utama." (HR. Muslim)

3. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Maukah aku beritahukan kepadamu tentang sebaik-baik harta pusaka seseorang ? Yaitu wanita shalehah yang menyenangkan jika dipandang, yang taat padanya jika disuruh, yang bisa menjaganya jika ditinggal pergi." (HR. Abu Daud dan Al-Hakim dari 'Umar Radhiyallahu 'Anhu)

4. Dari Abu Hurairah, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi was sallam pernah ditanya; Wanita yang bagaimana yang paling baik ?"
Beliau bersabda : Wanita yang menyenangkan hati jika dilihat, taat jika diperintah, dan tidak menyelisihinya pada sesuatu yang ia benci terjadi pada dirinya (istri) dan hartanya (suami)." (HR. Ahmad, 9217)

Tidak ada komentar: